04 Juni 2015 14:31

LKPP-Luncurkan-Katalog-Jasa-Penerbangan

Jakarta- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menjamin biaya perjalanan dinas jasa penerbangan pemerintah lewat katalog elektronik akan lebih efisien ke depannya. Hal ini ditegaskan oleh Kepala LKPP dalam acara sosialisasi katalog elektronik jasa Penerbangan untuk perjalanan Dinas Instansi pemerintah Kamis, 26/02 di Auditorium Plaza Mandiri.

Kepala LKPP, Agus Rahardjo, dalam sambutannya menegaskan bahwa harga tiket dijamin akan lebih murah dibanding dengan harga yang dibeli oleh masyarakat secara luas, “potongannya sekitar 11-20 persen dari penumpang umum, ini akan lebih mengefisienkan belanja pemerintah kita” ujar Agus.

Mewujudkan hal tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan tools terbaru Government Online System (Govos) yang disediakan bagi K/L/D/I agar dapat melakukan pengadaan tiket Garuda Indonesia secara langsung melalui portal pengadaan nasional secara elektronik (e-katalog).

Aplikasi ini dibuat untuk mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai langkah inovasi pengadaan barang/jasa pemerintah. Dengan adanya sistem ini, pemerintah dapat berhemat untuk anggaran perjalanan dinas.

Banyak keuntungan dari Govos, diantaranya adalah  konter chek in khusus korporat di beberapa bandara, kartu VIP bagi pejabat eselon 1 dan 2, reprint (pengganti) tiket & boarding pass untuk kepentingan audit, tambahan bagasi sebesar 10 kg dan beberapa keuntungan lainnya. Diharapkan maskapai penerbangan lain segera menyusul Garuda Indonesia untuk masuk kedalam katalog jasa penerbangan.